CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 20-12-2020 15:33:28

Tidak semua orang menyukai karpet. Hal ini karena kami yakin bahwa perawatan karpet itu mahal dan juga tempat berkumpulnya debu. Padahal, dengan perawatan yang tepat, karpet memiliki umur yang panjang dan bebas debu. Selain itu, penempatan dan pemilihan bahan karpet yang tepat juga berpengaruh pada usia karpet itu sendiri.

Metode dan periode perawatan berbeda untuk setiap karpet. Karena itu, pastikan Anda mengetahui hal ini sebelum membeli karpet. Berikut beberapa referensi versi Hemat.id yang perlu Anda lakukan untuk memastikan karpet Anda selalu bersih dan berumur panjang.

1. Putar karpet

Putar karpet secara rutin agar warna karpet tidak luntur secara tidak merata. Selain itu, pastikan kaki furnitur tidak selalu pada titik karpet yang sama.
 
2. Vakum

Bersihkan karpet secara teratur, meskipun Anda tidak menghilangkan debu dari karpet. Lakukan penyedotan vakum pada kedua sisi agar bagian atas atau bawah karpet bersih dari debu. Untuk menjaga kebersihan karpet, sedot karpet setidaknya tiga kali seminggu. Gerakkan perlahan agar lebih banyak debu yang tersedot.

Tapi tidak terlalu sering. Ini karena terlalu sering menyedot debu dapat menarik rambut Anda dari karpet seperti karpet wol. Selain menyedot debu karpet secara menyeluruh, disarankan untuk menaburkan soda kue di atasnya, diamkan selama beberapa menit lalu vakum seperti biasa. Hal ini dapat memberikan aroma segar pada karpet Anda.

3. Keringkan karpet

Saat matahari terik, jemur karpet di bawah sinar matahari. Lakukan sambil mengetuk, dan setelah beberapa jam putar karpet ke semua sisi matahari.

4. Bersihkan tumpahan

Gunakan kertas dapur untuk menghilangkan kotoran dan tumpahan dari karpet dengan cepat. Caranya adalah dengan menyadapnya hingga kering hingga air dan kotorannya hilang.

5. Jasa pembersihan karpet

Perawatan karpet harus diserahkan ke layanan pembersihan karpet khusus setiap 12-18 bulan. Lakukan ini jika karpet berada di area yang sibuk, jika Anda memiliki hewan peliharaan, atau jika ada anggota keluarga Anda yang alergi udara. Jadi mungkin Anda harus membersihkan karpet Anda lebih sering dan profesional.

Karpet yang dibersihkan secara profesional akan mencuci karpet lebih dalam. Ini dapat mencerahkan warna karpet dan juga menghemat energi Anda. Apalagi jika Anda memiliki karpet yang cukup lebar dan tebal.

6. Karpet bebas bakteri

Campurkan 500 ml cuka putih dan air ke dalam botol semprot dan semprotkan secara merata ke seluruh bagian karpet favorit Anda. Semprotkan di semua area lalu keringkan. Cuka putih dapat digunakan dengan aman pada karpet sebagai disinfektan alami.
 Apakah mudah membersihkan karpet jika sudah mengetahui tipsnya? Semoga dapat membantu Anda menjaga kebersihan karpet di rumah. Apakah ada tips lain yang pernah saya coba di rumah yang memberikan hasil yang memuaskan?